Selasa, 01 November 2011

MEMBUAT FORMULIR ONLINE BERSAMA EYANG GOOGLE


MASIH SAMBIL NGOPI SUSU TUBRUK DAN SEBUNGKUS DJISAMSOE. :)
update blog mudah-mudahan ada manfaat lg buat semuanya.
baiklah kita langsung saja ke TKP bersama Eyang Google yg punya wilayah di Alam maya :)

susuatu contoh sedang membuat acara, lalu kita memerlukan data peserta yang akan mengikuti acara tersebut, pastinya kita harus membuka sebuah pendaftaran. Jika kita menggunakan cara manual, mungkin kita bisa meminta para peserta untuk datang dan mengisi formulir pendaftaran, dan jika jika menggunakan cara modern, kita bisa membuat sebuah website, lalu membuat form pendaftarannya berbasiskan website.

Cara manual, sangatlah memakan waktu, pertama harus ada yang menerima pendaftaran dan yang pasti belum tentu peserta mau untuk datang Sedangkan cara membuat website sangat memakan biaya, pertama harus membuat website, harus buat database untuk menampung datanya dan harus ada yang mengurus website tersebut Lantas bagaimana solusinya?

Google Docs adalah salah solusi untuk permasalahan ini. Dengan Google Docs, kita dapat membuat Formulir secara cepat, tanpa harus membuat website, database dan sebagainya. cukup dengan memiliki akun Google, maka siapapun dapat dengan mudah menggunakan Google Docs. Selain itu data yang ditampung menggunakan Google Docs dapat diunduh menjadi file OpenOffice, Microsoft Office dan lain-lain…

berikut langkah yang pernah saya pelajari dari Eyang Google :)

1. Masuk Ke akun google

2. Sekarang tinggal masuk ke halaman website Google Docs

3. setelah sukses, maka akan terlihat tampilan seperti gambar berikut











4. Selanjutnya kita buat form untuk formulir pendaftaran. Caranya lewat menu Create New -> Form, setelah itu akan muncul pengolah Form, kita hanya butuh mengubah tampilan form, dan komponen-komponen apa saja yang diperlukan sebagai input untuk data pendaftaran









5. Jika telah selesai, tekan tombol Save untuk meyimpan. klik Link yang berada di bagian bawah pengolah Form sebagai hasil dari sebuah tautan/URL yang dapat kita bagikan secara ONLINE.












dan jika tautan/URL yg didapat dari pembuatan form tadi terlalu panjang, kita bisa mengkonversinya dengan menggunakan fasilitas Tiny URL atau klik disni untuk masuk ke TINY URL tidak perlu melakukan registrasi/pendaftaran, kita langsung pastekan saja URL Formulir yg tadi kita buat untuk mendapatkan URL yg pendek buat formulir tadi.

sebagai latihan saya coba buat contoh hasilnya disini

semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kasih komentar disini, semoga komentar anda baik untuk kedepan, untuk kebaikan kita semua